2. Konsultasi Umum

Silakan Anda berkonsultasi umum di page ini.  Tulis permasalahan atau pertanyaan Anda pada comment di bawah, akan kami jawab dengan me-reply pertanyaan Anda. Permasalahan Anda bisa seputar apa saja di bidang kesehatan dan kedokteran.

professional-medica-team

45 thoughts on “2. Konsultasi Umum

  1. Selamat pagi dok
    dok sy umur 26thn saya sudah beberapa minggu ini kepala terasa sakit terus dan badan saya terasa lelah, di bagian tas kepala terasa melayang gitu, memang sy beberapakali darah rendah hingga 70

    • Terima kasih. Anda sebaiknya memeriksakan diri pada dokter Anda, karena tekanan darah yang terlalu rendah berkepanjangan dapat mengurangi fit Anda dalam beraktivitas sehari hari. Tekanan darah yg rendah dapat menimbulkan juga gejala vertigo atau seperti melayang. Salam-askmydoctors.

  2. siang dok,, saya ingin bertanya kalau di daerah pundak leher selalu berat dan punggung suak sakit tiba2

    Apakah sakit bahu itu ada kolestrol dok?
    Terimakasih Dok

    • Terimakasih. Pundak atau punggung atas sering pegal bisa disebabkan bermacam-macam kausa. Bisa hanya kelelahan otot atau myalgia saja dan dipijit ditambah misalnya counterpain akan mengatasi masalah. Kemungkinan lain yaitu tekanan darah tinggi, sebaiknya Anda mengecek tensi Anda. Bila ada hipertensi segera periksa ke dokter Anda. Kolesterol bisa Anda cek yang saat ini mudah dilakukan di berbagai lab atau tenaga kesehatan, cara ini lebih baik karena pendapat kolesterol tinggi yang ditandai dengan gejala pegal di punggung kurang valid. Silakan coba dulu cara di atas, perlu sekali Anda ketahui bahwasanya hipertensi dan kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit2 yang serius. Salam-askmydoctors.

  3. Slmt malam dok, mau tanya knp ya pangkal jempol bagian dalam terasa sakit dan kalo di tekuk langsung lebih terasa sakit alias kayak seprti tertahan sakitnya dan susah untuk di luruskan.. itu gejala apa dok. Trimakasih..

    • Terima kasih, apakah sebelumnya banyak menggunakan jari tersebut akhir2 ini? Jika iya sementara bisa diistirahatkan, rendam air hangat beberapa menit dan diberikan seperti counterpain dsb bisa membantu, jika beberapa hari masih ada gejala bisa diperiksakan ke dokter untuk cek asam urat, dll adakah penyakit rematik tertentu. Salam-askmydoctors.

  4. Terimakasih. Sepertinya terdapat sisa plasenta yang tertinggal pada rahim. Harap segera memeriksakan ke dokter kandungan terdekat dan dilakukan kuretase pembersihan. Kehilangan darah dalam waktu yang lama sangat tidak baik untuk kondisi Anda. Salam-askmydoctors.

  5. Selamat malam dok mau tanya penyebab udah hmpir sebulan dr tgl 26 juni keguguran smpe tgl hr ini 23 g brenti2.. sehari setelahbrenti kmren tp skrg keluar lg bahkan gumpalan darah msi kluar..

  6. oya, banyak obat2an/ minyak ikan nutrisi otak di apotek, apa benar vitamin2 itu efektif meningkatkan kinerja otak? tolong berikan tips untuk meningkatkan konsentrasi & meningkatkan kecerdasan otak. terima kasih

    • Terimakasih. Penyebab pusing atau berputar paling banyak adalah vertigo, yang disebabkan karena letih atau kecapean, didukung dengan adanya bakat vertigo yang diturunkan dari ayah-ibu, kakek nenek dan keturunan di atas. Perlu dilihat berapa tekanan darah Anda, bila rendah (silakan cek ke tenaga kesehatan di sekitar Anda) bila cenderung rendah (dibawah 120/80, atau bila perempuan bisa 110/90 atau dibawahnya) maka akan membuat sering kliyengan atau berkunang-kunang atau kadang bisa pingsan misalnya saat upacara bendera dsb. Kondisi ini banyak dialami perempuan muda, namun tidak usah kuatir yang perlu Anda lakukan rajin berolahraga seminggu 2x seperti bersepeda, renang atau badminton misalnya, bertahap dari yang ringan menjadi normal dan dibiasakan, seminggu 2-3x minimal 1,5 jam. Silakan mencoba, terkecuali bila ada sakit kepala yang terus menerus dan makin berat maka perlu diperiksakan ke dokter terdekat. Selama hanya kadang-kadang saja maka tips di atas akan bermanfaat. Salam-askmydoctors.

  7. selamat malam. dokter, knp ya kepala saya suka pusing dan kadang saaya merasa dunia spt berputar2. kalau jongkok lama, berdirinya kliyengan. tp saya merasa sehat aja. umur saya 19th. kira2 knp ya, apa yg harus saya lakukan krn trnyata hal tsb kadang mengganggu konsentrasi & aktivitas saya. terima kasih

  8. Hallo dok .. Sya mau tny.. Knp puting susu saya trasa nyeri apabila disentuh, apabila d hitung skr bukan wkt nya menstruasi, dan masih masa subur… Ttpi apabila ini gejala khamilan, mengapa hny puting saja yg d sentuh nyeri.. Yg lain tdk.. N memakai bra jg biasa saja.. Tdk ad gejala hamil lain ny.. Semisal luka jg sprti nya hny kmgknn kecil.. Apkah ad sesuatu d puting susu sy dok? Apakah nyeri puting susu jg bs d alami wkt masa subur? Trimakasih

    • Terimakasih. Perlu dibedakan sebelah mana yang nyeri, apakah dua-duanya atau sebelah saja, apabila keduanya lebih mungkin ke arah hormonal, bisa diamati beberapa hari bila masih menetap atau bertambah nyeri harap diperiksakan ke dokter. Namun apabila hanya sebelah sebaiknya diperiksakan untuk diperluas kemungkinan penyebabnya. Bisa luka mikro, radang lokal atau bahkan jerawat pun bisa, namun perlu pemeriksaan fisik jika perlu imaging. Salam-askmydoctors.

  9. Terimakasih. Sepertinya ada penurunan genetik dalam hal ini, bisa Anda syukuri karena hal ini variasi individu. Jika tetap ingin mencobanya silakan pada dokter spesialis kulit atau dokter bersetifikat keterampilan untuk mengatasi kebotakan rambut pada umumnya. Salam-askmydoctors.

  10. Salam dok
    Saya andrian,pria,26tahun, saya ingin menanyakan kenapa kumis tengah saya tidak mau tumbuh sama sekali ? Kemungkinan saya faktor Gen. Bagaimana cara menumbuhkan kumis atau jambang? Karna saya lihat kalangan artis ada yg bisa menumbuhkan jambangnya, saya sudah pernah mencoba kemiri,mentega,minoxidil dll, tpi tidak ada hasil, lalu bagaimana dengan suntik atau obat hormon tostesteron ? Trima kasih

  11. dok gimana ya supaya cepet gemuk ? sya udh makan banyak tapi gak gemuk” sedangkan tmn makan sedikit aja udah gemuk

    • Terimakasih. Berat badan ditentukan dari antara lain faktor keturunan, asupan makan, kebiasaan dan penyakit. Minum obat cacing tidak ada salahnya, dapat dibeli secar bebas. Bila kebiasaan makan Anda normal, seimbang dengan kerjanya berarti tidak ada masalah, namun jika asupan makan kurang sedangkan kerja berat maka akan mengurangi berat badan. Penyakit yang menyebabkan kurus antara lain TBC (batuk2 lama dan berdahak), Diabetes (Awalnya gemuk terus menjadi kurus, sering haus dan sering kencing), keganasan (usia 40th ke atas dan biasanya ada benjolan). Bila tidak ada semua dan orang tua Anda atau salah satu ortu Anda kurus maka kemungkinan sangat besar adalah keturunan. Asal sehat maka bersyukurlah. Salam-askmydoctors.

  12. hay dokter..saya 21thn..saya punya kebiasaan lupa..ini sudh parah sekali..apa kah nama pnykitnya ya dok..ini sangat merugikan sekali

    • Terimakasih. Memori pada otak bisa dibagi memori jangka panjang dan memori jangka pendek. Kekurangan jumlah sel atau hubungan akar sel yang belum terbina dengan baik dapat menyebabkan berbagai gangguan dari yang ringan hingga cukup berat. Untuk pertumbuhan sel otak baru sudah lewat yaitu sejak janin usia 7 bulan sampai balita usia 4-5th. Yang bisa diusahakan yaitu dengan memberikan suplemen ginko biloba yang bisa didapatkan secara bebas di toko obat. Untuk memperbaiki hubungan akar antar saraf bisa dengan latihan misalnya sebelum pergi pada urusan tertentu sejenak diingat2 apa yg dibutuhkan, jangan terburu2 pergi dan latihan mengingat bertahap. Lakukan berulang dan terus menerus sehingga akar2 saraf bisa tersambung dengan perlahan. salam-askmydoctors.

  13. Terimakasih. Jika gejala yang Anda rasakan membaik dengan cazetin, maka lidah Anda mengalami infeksi jamur. Pengobatan jamur atau fungi pada lidah memang membutuhkan beberapa waktu, kami sarankan agar bersabar hingga keluhan hilang. Sedangkan albotyl merupakan cairan yang mengandung zat yang menghilangkan lapisan mukosa yang rusak atau sariawan. Dalam kasus Anda albothyl tidaklah efektif karena tidak pada indikasinya. Stoplah penggunaan albothyl dan lanjutkan antifungi cazetin di atas. Jika ingin lebih cepat lebih baik juga meminum nistatin tablet dosis yang kecil 2×1 tab untuk 3 hari. Bila keluhan belum menghilang atau sering kambuh maka perlu dilakukan pemeriksaan fisik pada dokter Anda dan memperluas kemungkinan penyebab. Salam-askmydoctors.

  14. Dok yg saya ingin tanyakan,sdh 3 hari ini saya mengalami ba’al dilidah dan diujung lidah merah dan sakit,saya cb obati dgn obat cazetin cair.ckp ampuh sedikit,ujung lidah saya berkurang sakitnya akan tetapi saya risih dan ingin cepat sembuh,saya cb dengan albotyl 5 ml tetapi sama saja,yg ingin saya tanyakan,penyakit apa yg saya derita?dan bercampurnya obat cazetin dan albotyl apakah boleh?lebih ampuh mana cazetin/albotyl dlm mengobati penyakit ini?…terima kasih

  15. perut saya kyk ada denyutnya keras,perut sering bunyi,selera makan berkurang.ini terasa setelah saya ciuman dg pcr sampai tukeran ludah.apakah saya hamil /hanya terbawa perasaan takut.mohon penjelasanya krna saya tidak tau.trimakasih

    • Terimakasih. Berciuman tidak menyebabkan kehamilan. Sepertinya (likely) apa yang Anda rasakan disebabkan karena rasa bersalah atau ketakutan setelah Anda berciuman. Perlu ada kesesuaian antara pranata yang Anda anut dengan apa yang Anda lakukan sehingga ada baiknya meninjau kembali apakah yang Anda lakukan sesuai dengan pranata yang Anda anut dan apa yang membuat Anda merasa bersalah. Salam-askmydoctors.

  16. Terimakasih. Tidak bisa menyebabkan hamil jika sperma masuk ke dalam anus atau dubur karena tidak ada saluran ke ovarium. Hanya saja saluran tersebut merupakan tempat pembuangan kotoran sehingga banyak mengandung bakteri dan mikroorganisme yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit termasuk sarana penularan HIV. Salam-askmydoctors.

  17. jika sperma masuk melalui dubur premouan apakah perempuan itu bisa hamil dok? tolong jawaban yg akurat trims

  18. salam sejahtera..dok saya mau tanya,saya sering gelisah,cemas dan susah tidur,apakah ini dipresi,kalo dipresi apa oat yang tepat untuk saya..?terima kasih seblumnya

    • Terimakasih. Anda bisa jadi mengalami depresi, bisa juga disertai berkurangnya nafsu makan, kurang bergairah, tidak ada rencana untuk masa depan dsb. Terapi untuk depresi selain obat juga adanya penjaminan dari terapis atau keluarga dekat misalnya solusi atau back up dari org terdekat atau keluarga. Hal ini sangat membantu pemulihan depresi. Untuk obat minum harus dengan resep dokter, silahkan datang ke dokter umum atau lebih baik pskiater di sekitar Anda. Salam-askmydoctors.

  19. slmat mlm dok,saya mau tanya knpa lutut saya sering terasa linu y dok?terkadang hilang tp kadang terasa banget sampai2 jd susah tdr….tlg ksh solusi dan cara pengobatannya dok
    terimakasih…..salam

    • Terimakasih. Penyebab nyeri lutut tersebut bisa bermacam-macam, bisa osteoartritis, rhematoid arthritis, atau gout atau lainnya. Silakan dilakukan pemeriksaan fisik pada dokter atau spesialis penyakit Dalam atau Orthopaedi di sekitar Anda. Salam-askmydoctors

  20. Dok, sejak 4-5 tahun terakhir ini saya menyadari kalau mudah lupa nama2 temen lama yg jarang ketemu. Bahkan beberapa teman yg kerja bareng selama lebih dari 5 tahun pun ikut2an lupa.

    Gejala apa dan bgmn mengobatinya?

    Terima kasih dan salam,

    Arya

    • Terimakasih. Otak setiap waktu semakin usia menua maka selnya akan berkurang terus dan tidak bertambah, yang bisa dilakukan adalah memperlambatnya, namun jika berlebihan maka sebaiknya dicegah. Ginko biloba dapat Anda coba dahulu dan jika menetap atau makin progresif sementara usia masih belum rlatif tua misal 65 ke atas maka sebaiknya diperiksakan ke dokter saraf di praktek swasta atau di RSU terdekat. Salam-askmydoctors.

  21. dok, saya nurma. pinggang bagian belakang saya sakit sudah berbulan2, kira2 kenapa ya dok?

    • Terimakasih. Nyeri di pinggang dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab seperti otot, tulang atau lebih dalam seperti saluran kemih atau ureter, atau alat kemih atas lain. Silakan datang ke dokter Anda untuk pemeriksaan fisik lebih lanjut. Salam-askmydoctors.

  22. Hallo dok, saya mau tanya, kok berat badan saya bisa naik turun ya ? Dan air kencing saya sedikit walaupun saya sudah minum banyak, bagaimana solusinya dok ? Terima kasih🙂

    • Terimakasih. Untuk gejala yang Anda rasakan, bisa untuk lebih lengkapnya Anda berkonsultasi dengan dokter atau dokter penyakit dalam yang lebih baik lagi dengan pemeriksaan penunjang laboratorium. Salam-askmydoctors.

  23. saya itu tiba tiba sakit perut bagian bawah sebelah kiri tembus ke belakang itu penyakit apa ya ???

    • Terimakasih. Ada kemungkinan Anda mengalami appendicitis atau radang usus buntu, kemungkinan lain gangguan pada usus besar berupa infeksi atau penyebab lain. Segera konsultasikan pada dokter Anda di puskesmas atau praktek swasta terdekat. Salam-askmydoctors.

  24. Selamat malam dok, mau tanya susu yang bagus untuk usia 59 tahun apa ya dok…mohon jawabannya ya dok

    • Terimakasih. Sebaiknya susu yang mengandung kalsium tinggi dan rendah lemak atau malahan nonfat. Seperti umumnya yang beredar umum di masyarakat, silakan saja pilih mana yang sesuai. Untuk yang mempunyai penyakit diabetes atau liver dengan berbagai macam stadium terdapat pula susu yang khusus. Salam-askmydoctors.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s