E. Ilmu Penyakit Saraf

Silakan Anda berkonsultasi mengenai Penyakit Saraf di halaman ini. Tulis permasalahan atau pertanyaan Anda pada comment di bawah, akan kami jawab dengan me-reply pertanyaan Anda.

starrphoto-enlg

4 thoughts on “E. Ilmu Penyakit Saraf

  1. Askum wrwb,

    Dok saya usia 54 tahun , tangan kiri & kanan saya tenaganya hilang, sehingga makan, mandi, sikat gigi dll sulit sekali, pokoknya kalo menggerakan tangan ke atas tidak bisa, saya sudah di periksa gula darah ,kolesterol, tekanan darah, asam urat, ronsen, EMG, MRI hasilnya semua masih dalam batas normal/baik.

    Sekarang saya diberi obat Methycobal 500mg, pertanyaan saya;
    a) Sebenarnya saya sakit apa ?

    b) Kok penyakit ini menular.

    c) Bagaimana penyembuhannya?

    Terimakasih dok atas jawabannya.

    Wasss/Rahadi

    • Wasskum,wr,wb. Terimakasih, pemeriksaan yang telah Anda lakukan sudah cukup lengkap, namun belum Anda sebutkan berapa tekanan darah Anda? Pada kasus yang diwaspadai untuk gejala ini adalah CVA ringan atau stroke atau stroke ringan. Bisa disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah otak yang bisa ditandai dengan kadar kolesterol yang tinggi atau di atas normal dalam jangka waktu yang panjang. Anda sebutkan bahwa kadar kolesterol Anda dalam batas normal. Penyebab lain dari stroke ringan adalah tekanan darah yang tinggi. Sebaiknya bisa Anda lakukan pemeriksaan tensi Anda dan baiknya juga bisa disampaikan di sini. Kemungkinan lain adalah gangguan saraf tepi yang disebabkan berbagai macam faktor, yang terbanyak adalah karena neuritis dan neuritis ringan (radang saraf tepi/saraf kecil di tepi) yang untuk menstimulasinya salah satunya diberikan Methycobalamin seperti yang telah Anda terima. Penyakit ini tidak menular, dan akan kami berikan komentar memperluas kemungkinannya dan tatalaksana awal yang lebih baik bila ada data tekanan darah Anda. Salam-askmydoctors.

  2. asskum..
    mau tanya kenapa ya daerah sekitar leher sampai punggung sering sekali mudah terasa capek bahkan kaku, apakah dari gejala tersebut ada masalah dengan saraf yg ada disekitar daerah tersebut dan bagaimana solusinya..
    umur 23 tahun
    sering bekerja didepan komputer

    mohon bantuanya

    • Terimakasih. Memang bekerja terus menerus dengan posisi yang sama akan menyebabkan kekakuan otot pada daerah yang digunakan bekerja. Semisal pada kasus Anda bekerja terus menerus di depan komputer akan menyebabkan kekakuan otot di sekitar leher, juga akan menyebabkan Anda merasa pusing, gejala ini bisa juga dialami setelah Anda istirahat dari bekerja seperti yang disebutkan di atas. Penanganan dan pencegahannya istirahat saja berkala, tiap 2 jam istirahat dulu dan lemaskan otot2 dan alihkan pandangan dari depan komputer misalnya 15 menit dengan pelemasan2. Hal ini juga baik untuk kesehatan mata Anda. Saya kira tidak ada permasalahan pada bagian saraf untuk kasus seperti ini. Semoga dapat membantu. Waalaikumsalam-askmydoctors.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s