B. Ilmu Kesehatan Anak

Silakan Anda berkonsultasi mengenai kesehatan dan penyakit Anak di halaman ini.  Tulis permasalahan atau pertanyaan Anda pada comment di bawah, akan kami jawab dengan me-reply pertanyaan Anda. Sertakan juga nama dan daerah tempat tinggal Anda.

Doctor shaking hands

7 thoughts on “B. Ilmu Kesehatan Anak

  1. Jawaban Sdr.Ollin Setyo (Dokter sy maw tnya,anak sy umur 4 thn klo BAB koQ wrna kotorannya itu slalu Hitam yaa dok?knp yAa dokter?makasihhh):
    Terimakasih. BAB hitam bisa disebabkan berbagai macam zat pada proses enzimatik pada saluran cerna. Perdarahan pada saluran cerna bagian atas juga dapat menyebabkan BAB hitam, namun hal ini sering terjadi pada penderita dewasa/tua yang mempunyai tukak lambung/ulcer atau pasien liver. Untuk anak-anak penyebab terseringnya adalah konsumsi zat besi yang menyebabkan BAB menjadi berwarna hitam atau terdapat bercak kehitaman. Hal ini tidak menjadi masalah bila zat besi yang dikonsumsi adalah sesuai dosisnya. Salam- – askmydoctors.

  2. Anak sya usianya saat ini 8bln, bulan januari demam tinggi (39″), hasil lab menyatakan bahwa sel darah putihnya 2xlipat batas normal, akhirnya dirawat selama satu minggu. dibulan april dirawat lagi dengan diagnosa yg sama, yang jadi permasalahan saat ini adalah setiap maaf pub, anak sya selalu kesakitan menangis menjerit kesakitan dikarenakan pub-nya keras, hal ini sebelum sebelumnya tidak pernah terjadi, usia 6bln sya sdh perkenalkan makanan pendamping asi,selama itu tidak ada masalah, yg jadi pertanyaan apakah efek samping pemberian obat2an pada saat dirawat menjadi penyebabnya ? lalu untuk mengatasi ini sya mesti bagaimana, karena sayuran dan buah2an sdh sya berikan tetap saja tdk ada perubahan, sehingga saat ini kita ketergantungan obat pelunak, mohon petunjuk, terimakasih sebelumnya…

    • Terimakasih. Pada bulan januari yang lalu anak Anda mengalami infeksi dengan kenaikan leukosit/sel darah putih sampai dg 2x batas normal dan disertai demam hingga 39″C. Begitu pula yang terjadi pada bulan April. Sayangnya tidak ada informasi lain yang bisa mengarahkan saya kepada sumber infeksi. Tidak menutup kemungkinan infeksi tersebut bisa juga dari saluran cerna, terutama sal cerna bawah. Menegnai efek samping obat, memang bisa juga menyebabkan konstipasi, namun efek obat tersebut hanya dalam hitungan jam atau hari saja, tidak lebih dari seminggu. Memang penggunaan obat pencahar atau pelemas feses secara terus menerus, meskipun sesuai indikasi adalah kurang bijaksana. Untuk permasalahan tersebut saya sarankan untuk dilakukan pemeriksaan teliti secara fisik, radiologis (USG) atau endoskopi, sedangkan pemeriksaan laboratorium tidaklah banyak membantu. Banyak kemungkinan penyebabnya seperti kelainan pada usus, gangguan penyerapan elektrolit atau air dengan berbagai penyebab atau adanya hambatan dengan berbagai macam sebab pada usus bagian bawah. Silakan datang ke RS Pemerintah/swasta/dokter anak di sekitar Anda bila keluhan tersebut terus berlangsung. Salam – askmydoctors.

      • Terimakasih atas penjelasannya, semoga apa yg dilakukan oleh team askmydoctors mendapatkan pahala yg berlipat…
        GBU…

        Bsrgrds
        Edy

      • Sama-sama Bp Edy, kami mohon kritik dan sarannya guna pengembangan situs ini ke depan, semoga bisa bermanfaat lebih luas lagi. Salam – askmydoctors.

  3. Assalamu’alaikum wr.wb…
    Dokter, saya ingin menanyakan apabila anak kita sering terkena demam, lalu beberapa hari kemudian timbul bintik2 merah merintis di sekitar wajah dan badan ( gabaken). Apa penyebab terjadinya gabaken tersebut dan tindakan pencegahan dan pengobatannya apa ya dokter?

    • Wasskum.wr.wb, demam disertai bintik2 kemerahan seperti tadi kebanyakn disebabkan oleh virus Rubella, penyakit ini dapat sembuh sendiri, namun jangan diremehkan karena bisa berkomplikasi ke mata dan sistem pernafasan. Gizi yang baik, mencegah dari infeksi ikutan lain, obat demam, dan vitamin merupakan penanganan penyakit ini. Namun jika kondisinya memburuk maka segera dibawa ke praktek dokter/Puskesmas terdekat untuk pemeriksaan lainnya yang lebih teliti. Pencegahannya adalah dengan menjaga kondisi anak Anda dengan makanan bergizi dan menjaga keseimbangan antara aktivitas, makanan dan istirahat. Semoga dapat membantu, salam-askmydoctors.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s