F. Kulit dan Kelamin

Silakan Anda berkonsultasi menegenai penyakit kulit dan kelamin di halaman ini.  Tulis permasalahan atau pertanyaan Anda pada form  comment di bawah, akan kami jawab dengan me-reply pertanyaan Anda.   Sertakan nama dan daerah tempat tinggal Anda.

kecantikan

76 thoughts on “F. Kulit dan Kelamin

  1. Pagi dok, saya mau bertanya, saya berumur 19 tahun dok, didaerah feminime saya tepatnya di bagian dalam bibir vaginanya pertamanya ada jendolan dok seperti daging, terus keesokan harinya dia memecah lalu menjadi putih” seperti sariawan gitu dok. Itu penyakit apa ya dok yg saya alami.

  2. dok, apakah aman menggunakan skincare/makeup yang mengandung sebuah bahan comedogenic (misal Ethylhexyl Palmitate skor comedogenicnya 4 dari 1-5) sedangkan kondisi kulit ada beberapa jerawat dan sensitif? terima kasih

  3. dok, saya usia 21 th sudah menikah. bberapa bulan terakhir ini saya mengalami keputihan yang tidak normal. ciri cirinya berwarna putih agak hijau/kuning dan berbau tidak sedap. tapi tidak gatal, tidak sakit saat kencing, tidak juga terasa panas atau luka. saya sudah mencoba memakai cairan pembersih dan mengobati tapi tidak juga sembuh. yang sangat mengganggu adalah bau tidak sedap nya itu dok. dan itu terjadi hampir setiap hari dan saat berhubungan sangat mengganggu. mohon masukannya dok. terimakasih.

    • Terima kasih. Aslm,menjawab pertanyaan yg sdh tersebut,cairan dari vagina dikatakan patologis/abnormal jika berubah sifat dari tdk berwarna/jernih,tidak berbau,tidak menimbulkan gatal menjadi berwarna,berbau,gatal .meskipun salah satu saja yg berubah tetap merupakan tanda adanya peradangan/infeksi.infeksi bisa disebabkan bakteri,jamur atau parasit,perlu pemeriksaan cairan vagina untuk memastikan hal tersebut,segera konsul dg spkk setempat.bau yg tidak sedap banyak disebabkan oleh komponen dari bakteri,semakin menyengat pada saat berhubungan karena bercampur dg sperma.penggunaan antiseptik tdk banyak membantu dan dapat memperparah peradangan karena perubahan suasana ph vagina (yg menjadikan bakteri semakin berkembang biak) dan tidak mengobati penyebab timbulnya bau.setelah dilakukan pemeriksaan cairan vagina maka akan dapat diberikan obat yg sesuai untuk penyebab infeksi. (Dijawab oleh dr Febrian Renatasari SpKK, Konsultan Kulit dan Kecantikan, Surabaya)

  4. Terimakasih. Jerawat muncul karena beberapa faktor antara lain keturunan, hormonal, makanan, kebersihan dll. Sehingga perlu dicari apakah sebenarnya yang menyebabkan jerawat muncul pada individu. Perlu diketahui bahwa munculnya jerawat ini sangat individual pada masing-masing orang. Untuk hasil terbaik maka dengan memeriksakan pada dokter spesialis kulit akan dapat diketahui penyebab pastinya atau mendekati karena disertai pemeriksaan fisiknya. Namun untuk langkah awal bisa mencoba sabun pembersih yg dijual bebas, tiap orang bisa mempunyai sabun yg cocok untuk dirinya namun berbeda pula efeknya buat orang lain. Pada beberapa orang ada yg cocok dan mengurangi secara signifikan jerawat yg muncul dengan salah satu (cocok2an) sabun pembersih. Bisa dicoba dulu, dan bila membandel Anda bisa menghubungi dokter kulit Anda. Salam-askmydoctors.

  5. Terdapat darah hanya 5 hari saja dok. Perut saya waktu itu juga sakit seperti haid cumaa cairann yg dikeluarkan tidak terlalu banyakk keluarnya seperti haid yang biasanya. Apa mungkin karna pengaruh obat ya dok. Untuk saat ini hanya keputihan kentel seperti ingus kaya waktu sebelum saya periksa tpi b tidak gatel dan tidak terlalu bau dok. Apa tetep saya periksa dok. Ini ga ada menjerumus ke kangker kan dok?

    • Terimakasih. Jika jamur ciri utamanya bau, jika bakteri anaerob cirinya bau, kebanyakan adalah gabungan. Biasanya jika sudah diberikan obat minum anti jamur dan anti bakteri misalnya gabungan metronidazole dan nistatin ditambah pula obat vaginal seperti flagistatin dalam waktu yang cukup (5 hari) maka keputihan akan menghilang. Jika masih ada cairan kental silakan konsultasi kembali, sepertinya bukan kanker, kanker biasanya disertai dengan luka, darah, atau campuran darah. Bila keluhan belum juga menghilang silakan konsultasi kembali. Salam-askmydoctors.

  6. Dok saya mau tanya maslah tentang keputihan. Sebelumnya saya sudah kedokter untuk memeriksa keputihan saya dan sudah diberi obat nya. Kata dokter yang meriksa saya katanya ada infeksi jamur pada vagina saya. Setelah saya itu saya diberi obat luar dan obat dalam. Setelah minum obat itu keputihan saya berkurang , tpi beberpa hari kemudian saya seperti haid cuma darahnya sedkit dan ada kaya campuran keputihan padahal 2 minggu sebelum nya saya sudah had sebelum meriksa keputihan saya . Dan untuk saat ini saya masih keputihan sperti ingus kentel daa aadang berair tetapi tidak gatal dan tidak terlalu bau warnanya putih tetapi tidak jernih. Apa kah itu berbahaya dok? Terima kasih

    • Terimakasih. Sepertinya penyembuhan dalam proses dan bisa dikatakan itu sisa-sisa dari keputihan (infeksi jamur dan atau bakteri anaerob). Lanjutkan obat Anda sampai habis, biasanya akan tuntas sampai sembuh. Terkecuali bila masih ada keluhan setelah obat habis, Anda dapat kontrol kembali, namun hal ini jarang. Berbeda bila cairan tersebut mengandung atau terdapat darah yang terus menerus, pada kasus yang seperti ini perlu Anda konsultasikan pada dokter Anda. Salam-askmydoctors.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s